memeriksa kondisi kaki-kaki mobil

6 Komponen Kaki-Kaki Mobil yang Sebaiknya Di Cek Berkala

Kondisi jalan yang rusak, bergelombang, ataupun usai melakukan perjalanan jauh tentunya akan mempengaruhi kondisi kaki-kaki mobil.

Melakukan pemeriksaan atau pengecekan akan sangat tepat untuk dilakukan. Sebab bagian kaki-kaki mobil ini memang sangat vital apalagi mempengaruhi kenyamanan dan keamanan selama berkendara.

Lantas, bagaimana memeriksa kondisinya?

Komponen Kaki-Kaki Mobil yang Perlu Dicek Rutin

Komponen pada kaki-kaki mobil cukup beragam dan Anda tidak harus mengecek semuanya. Cukup pada komponen yang terbilang vital sekaligus yang rentan rusak atau bergeser.

Berikut adalah beberapa komponen yang perlu dicek rutin beserta cara mengeceknya:

Komponen Tie Rod dan Long Tie Rod

Komponen pertama pada kaki-kaki mobil yang perlu dicek rutin khususnya setelah perjalanan jauh atau menempuh jalanan yang rusak adalah tie rod.

Komponen ini memiliki fungsi untuk meneruskan pergerakan dari setir mobil ke bagian ban. Mengecek komponen ini tidak terlalu sulit, hanya saja perlu diangkat dulu dengan dongkrak.

Setelah di dongkrak dan body mobil terangkat sedikit, maka langkah selanjutnya adalah menggerakan roda bank ke kanan dan ke kiri.

Tujuannya untuk mengetahui apakah ada yang rusak dari tie rod ini ketika dipakai berbelok.

Pada saat menggerakan ban ternyata ada bunyi beradu atau bergesekan, maka kemungkinan ada yang rusak pada tie rod.

Komponen Karet Bushing Arm

Komponen berikutnya adalah karet bushing arm yang memiliki fungsi untuk menjaga gerak naik turun ban pada as roda.

Komponen ini sesuai namanya terbuat dari karet yang mudah sobek, perlu dicek rutin agar tidak mengganggu fungsinya. Cara mengeceknya adalah cukup membelokan setir baik ke kanan atau ke kiri mentok.

Selanjutnya Anda bisa memperhatikan komponen dari bahan karet yang bentuknya melingkar di as roda mobil.

Jika karet melingkar ini terlihat memiliki retakan atau malah pecah, maka sudah waktunya untuk diganti.

Apabila sebaliknya, maka kondisi karet bushing arm terbilang baik-baik saja dan masih layak pakai.

Komponen Ball Joint

Komponen ball joint juga perlu dicek rutin karena mudah rusak yang akan mempengaruhi posisi as roda sehingga tidak dalam kondisi normal.

Fungsinya sendiri adalah untuk mengikat dan juga menjadi sumbu untuk as roda agar tidak bergeser. Sehingga saat mobil dipakai berbelok, posisi as roda masih dapat kembali seperti semula.

Mengecek komponen ini pun tidak sulit, Anda bisa mendongkrak mobil sedikit dan tekan ke atas lalu ke bawah beberapa kali.

Dengarkan suara yang mungkin muncul saat menekan ban tadi, jika ada bunyi maka ball joint kemungkinan sudah rusak dan perlu diganti.

Komponen Bearing Roda

Komponen kaki-kaki mobil bernama bearing roda juga perlu dicek berkala, terlebih jika mobil sudah lumayan tua atau sering dipakai menempuh perjalanan jauh.

Sebab dua faktor yakni jarak dan usia membuat komponen ini mudah aus atau rusak. Mengeceknya bisa dilakukan dengan menyetir mobil.

Jika bearing sudah aus maka saat mobil melaju akan menciptakan suara berdengung pada roda. Semakin tinggi kecepatan mobil maka suara dengungan ini akan semakin keras atau jelas.

Komponen Shockbreaker

Shockbreaker juga menjadi komponen yang sebaiknya di cek berkala untuk memastikan kaki-kaki mobil berfungsi baik.

Komponen ini akan meningkatkan kenyamanan saat berkendara karena berfungsi meredam getaran dan guncangan.

Getaran ini akan muncul saat mobil melintasi jalanan tidak rata, jalanan yang rusak, dan sebagainya.

Pengecekan shockbreaker bisa dilakukan dengan melakukan test drive atau mengemudikannya secara langsung. Lajukan mobil untuk melewati jalanan yang berlubang atau mungkin tidak rata.

Rasakan guncangan yang muncul, jika terlalu keras maka kemungkinan komponen ini sudah rusak.

Komponen Ban dan Juga Velg

Kaki-kaki mobil tidak bisa dilepaskan dari komponen ban beserta velgnya, dan tentunya perlu dicek rutin. Pengecekan ban bisa dilakukan secara fisik dengan melihat bentuk dari ulirnya.

Langkah lain adalah dengan test drive, yakni dengan menyetir memakai kecepatan tinggi. Perhatikan kemudi atau setir, jika bergetar maka velg dalam kondisi perlu diperiksa atau rusak.

Baik karena penyok, ada retakan, atau permukaan yang terlihat bergelombang.

Komponen pada kaki-kaki mobil perlu diakui menjadi komponen yang paling mudah rusak dan berumur pendek dibanding komponen di bagian lain.

Hal ini karena kaki-kaki mobil adalah komponen yang paling aktif bergerak. Maka pengecekan rutin perlu dilakukan, dan tidak harus dicek sendiri.

Jika sibuk atau mungkin sangat awam urusan mesin mobil maka bisa dicek ke bengkel.

Anda yang tinggal di Cirebon dan sekitarnya termasuk di Kuningan, Indramayu, dan Majalengka bisa ke bengkel Karyabakti.

Tak sempat datang langsung? SIlahkan hubungi customer service untuk service di tempat, mekanik akan datang ke lokasi Anda. Klik disini untuk terhubung dengan tim CS.