mengatasi baret body mobil

Cara Mudah Mengatasi Baret pada Body Mobil

Munculnya baret atau goresan pada body mobil memang menjengkelkan, maka penting untuk paham cara mengatasinya.

Baret pada body mobil memang sudah menjadi hal lumrah karena nyaris tidak ada mobil yang tidak memilikinya.

Penyebabnya beragam, bisa karena tergores pagar rumah saat keluar atau masuk garasi bisa pula karena terserempet kendaraan lain saat di jalan.

Dalam jumlah sedikit mungkin baret mobil tidak akan terlalu mengganggu, namun akan sebaliknya jika cukup banyak dan dalam.

Goresan atau baret ini akan membuat body mobil kurang sedap dipandang sekaligus memberi kesan kurang terawat.

Padahal baret ini bisa diatasi dengan mudah, apabila menerapkan cara yang tepat. Lantas, cara apa yang bisa digunakan?

Cara Mengatasi Baret pada Body Mobil

Baret yang terbentuk di body mobil sebenarnya bisa diatasi sendiri di rumah, terdapat sejumlah cara yang bisa dicoba. Diantaranya adalah:

Dibasuh dengan Air

Jika mendapati goresan pada body mobil berupa gumpalan tanah yang mengeras dan meninggalkan bekas membandel.

Maka goresan ini bisa diatasi dengan hanya menggunakan air, karena bukan goresan dalam dan berat. Ambil lap kanebo kemudian basahi dengan air secukupnya, usapkan pada bagian yang tergores tadi.

Lakukan pengusapan beberapa kali hingga goresan memudar atau hilang tanpa meninggalkan jejak.

Menggunakan Kompon

Opsional kedua untuk mengatasi baret mobil adalah dengan memakai kompon, bisa dibeli di toko aksesoris mobil. Kompon berbentuk krim seperti pasta dan cukup ampuh untuk mengikis goresan yang terbentuk di body mobil.

Cara memakainya pun cukup mudah, bersihkan dulu bodi mobil yang tergores. Oleskan kompon secukupnya di seluruh permukaan goresan, diamkan beberapa menit saja.

Bilas dengan air atau dicuci sekalian untuk membersihkan seluruh body mobil. Bisa pula dengan dilap memakai kain basah seperti kanebo atau mungkin handuk yang lembut.

Memanfaatkan Pasta Gigi

Pasta gigi ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk membersihkan gigi, namun bisa pula untuk kebutuhan lain. Salah satunya bisa digunakan untuk mengatasi baret pada body mobil.

Anda cukup mengoleskan pasta gigi ke bagian body mobil yang tergores, diamkan beberapa menit.

Basahi dengan sedikit air, lalu gosok perlahan memakai spons atau handuk bersih dan lembut. Bilas dengan air sampai bersih usai digosok, dan goresan halus pun akan terlihat memudar setelahnya.

Memakai Obat Nyamuk Cair

Langkah lain yang bisa dicoba adalah dengan mengaplikasikan obat nyamuk cair, namun sebaiknya diambil jika terdesak. Jika cara lain tidak bekerja sesuai harapan, barulah Anda memutuskan untuk memakai cara ini.

Sebab kandungan bahan di dalam obat nyamuk cair ternyata bisa mengikis lapisan kilap di cat mobil.

Jika tidak terdesak maka bisa memakai cara lain yang disebutkan di atas. Pemakaian obat nyamuk cair untuk mengatasi baret terbilang mudah.

Yakni dengan menuangkannya ke kanebo lalu diusapkan beberapa kali ke bagian yang tergores. Gunakan gerakan memutar dan perlahan untuk mengatasi baret secara maksimal.

Tunggu sekitar 15-20 detik baru kemudian dilap lagi dengan kanebo baru yang bersih dan sudah dilembabkan sedikit dengan air.

Bisa pula dibersihkan dengan kanebo bersih tanpa perlu dibasahi, tinggal disesuaikan dengan kondisi.

Minyak Rem

Selain obat nyamuk cair dan pasta gigi, minyak rem ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi goresan pada body mobil.

Tuangkan minyak rem secukupnya di kanebo, lalu gunakan untuk menggosok bagian yang ada goresan. Gunakan gerakan perlahan agar goresan tertutup cairan minyak rem secara merata dan mencegah baret baru.

Setelah selesai digosok beberapa detik, maka bisa dibilas dengan dilap kembali memakai kanebo kering. Langkah ini lebih aman dibanding obat nyamuk cair karena minyak rem tidak merusak lapisan cat body mobil.

Menggunakan Scratch Remover

Cara praktis berikutnya adalah dengan menggunakan scratch remover yang bisa dibeli di toko aksesoris mobil, pilihan mereknya cukup beragam.

Produk penghilang goresan ini diformulasikan khusus untuk mengikis goresan atau baret pada body mobil sehingga aman dan terjamin lebih efektif meski perlu bersabar.

Sebab perlu setidaknya 5 kali mengaplikasikan produk ini untuk mendapatkan hasil maksimal, yakni hilangnya baret pada mobil.

Cara pakainya mudah, tinggal di oleskan saja ke bagian yang baret dan bisa dioleskan memakai telapak tangan agar merata.

Selanjutnya bisa dipoles dengan kain microfiber dan sedikit ditekan agar cairan scratch remover masuk ke bagian yang tergores.

Baret pada mobil sebaiknya segera ditangani agar tidak bertambah banyak dan merusak sebagian besar body mobil Anda.

Selain itu perlu pula untuk meningkatkan kewaspadaan saat mengemudi dan parkir, supaya bisa mencegah timbulnya baret baru. Jika ingin mengatasi baret sendiri di rumah maka bisa mencoba salah satu cara di atas.

Namun jika ingin lebih praktis dan terjamin, maka bisa datang ke Bengkel Karyabakti.

Manfaatkan promo terbaik setiap bulannya, dan gunakan pula jasa service panggilan dari rumah. Tinggal klik disini untuk booking service kami.