ciri ban mobil kempes

Ciri-Ciri Umum Ban Mobil Kempes

Ban termasuk dalam komponen kaki-kaki mobil yang perlu dicek rutin, selain memastikan ban masih layak pakai.

Juga untuk mengetahui tekanan anginnya, jika kurang maka bisa ditambah untuk memastikan perjalanan aman dan nyaman.

Meski terdengar sepele, ban yang dipaksakan tetap berjalan ketika tekanannya kurang bisa memicu kecelakaan.

Hal serupa juga berlaku saat ban mobil kempes, sebaiknya ditangani dulu jangan asal dibawa ke jalan raya. Sebab memaksakan ban kempes untuk tetap melaju akan meningkatkan resiko mengalami kecelakaan.

Ban yang kempes tidak hanya mempengaruhi kondisi ban itu sendiri namun bisa mempengaruhi pengereman, kendali setir, dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Ban Mobil Sedang Kempes

Ada kalanya ban kempes mendadak ketika berada di tengah perjalanan, pastikan untuk segera berhenti jika menjumpai kondisi ini.

Cek kondisi ban dan ketahui penyebabnya kempes apakah bocor, atau karena penyebab lain. Jika bingung maka bisa mencari bengkel atau mungkin tukang tambal ban terdekat.

Namun, sudahkah Anda mengetahui tanda ban mobil kempes? Jika belum, maka bisa mengetahuinya dulu agar tahu saat gejala dialami Anda langsung ke bagian ban. Berikut adalah ciri-cirinya:

Ban Lebih Empuk dari Biasanya

Beberapa pemilik mobil masih bingung untuk mengetahui apakah ban mobilnya kurang tekanan angin atau malah kelebihan.

Kondisi under pressure maupun overpressure seperti ini bisa dibedakan dari kenyamanan yang dirasakan saat mengemudi.

Saat ban mobil kelebihan angin maka akan terasa lebih keras dan kasar. Sebaliknya saat ban ini kempes atau kurang angin maka akan terasa lebih empuk.

Ada Suara Gemuruh Saat Mobil Melaju

Mobil yang melaju saat ban dalam kondisi kempes akan memunculkan suara gemuruh. Gemuruh ini terbentuk dari gesekan karet ban yang kempes dengan permukaan aspal di jalan raya.

Meski dalam kondisi normal, mobil yang melaju memang menghasilkan gemuruh. Hanya saja saat ban kempes suara gemuruh ini akan lebih keras dari seharusnya dan biasanya.

Terasa Keras Saat Melewati Gundukan

Ciri ban kempes berikutnya adalah sensasi keras dan kasar saat melintasi gundukan seperti polisi tidur atau mungkin saat melintasi jalanan yang tidak rata.

Sensasi keras ini muncul karena ban yang kempes tidak akan memberi toleransi pada apa yang dilewatinya.

Saat melintasi gundukan maka aspal akan langsung bersentuhan dengan velg ban, sehingga terasa keras dan kasar. Sebaiknya berhenti segera dan cek kondisi ban mobil Anda.

Jika terbukti kempes, maka tangani dulu baru kemudian melanjutkan perjalanan.

Mobil Terasa Lebih Berat dan Lambat

Saat ban mobil kempes maka permukaannya akan melebar, sehingga saat bergesekan dengan aspal akan meningkatkan beban mesin.

Permukaan ban yang semakin lebar akan meningkatkan beban, sehingga praktis mobil terasa berat. Perlahan lajunya juga lebih lambat dari sebelumnya.

Jika mendapati mobil terasa lebih berat atau mungkin melambat, segera cek kondisi ban mobil Anda.

Besar kemungkinan memang sedang kempes, yang tentu perlu segera ditangani agar perjalanan bisa dilanjutkan dan merasa nyaman sampai ke tujuan.

Setir Belok Sendiri

Pada saat ban mobil kempes maka akan memaksa setir untuk selalu kembali ke posisi semula.

Sehingga terkesan setir tersebut belok dengan sendirinya, atau susah untuk dikontrol. Resiko kehilangan kendali tentu bisa mengancam keselamatan Anda, sebaiknya segera injak pedal rem.

Tengok kondisi ban mobil Anda satu per satu karena kemungkinan ada yang kempes. Sebaiknya ditangani dulu, jangan memaksakan ban mobil untuk melaju, tentunya demi keselamatan Anda dan penumpang.

Menangani ban kempes bisa dilakukan dengan mengunjungi pom bensin terdekat untuk mengisi angin.

Opsional lain adalah datang ke jasa tukang ban untuk tambah angin, dan jika belum juga membaik kemungkinan ban bocor dan perlu ditambal dulu.

Intinya jangan memaksakan mobil melaju saat ban kempes, selain tidak nyaman saat melintasi gundukan dan jalanan tidak rata.

Keselamatan pun menjadi taruhan, oleh sebab itu cek dan atasi dulu baru melanjutkan perjalanan.

Merawat ban juga penting untuk membantu menurunkan resiko ban kempes terlalu sering. Pengecekan maupun keperluan lain terkait ban maupun komponen kaki-kaki mobil lain bisa dilakukan ke Bengkel Karyabakti.

Booking online layanan servicenya atau memesan layanan service panggilan dengan menghubungi kontak customer servicenya. Silahkan klik disini untuk mempermudah Anda terhubung ke CS Karyabakti.